Jenis Kandang Bebek yang Wajib Anda Ketahui selaku pilihan yang bagus buat kalian yang pengen mencari solusi penerangan merampas. Beberapa penerangan lainnya bisa kalian dapatkan disini buat baik.

Era kita ingin beternak bebek cara paling utama yng butuh diperhatikan selain bibit merupakan kandangnya ataupun tempat kita hendak memelihara bebek nantinya. Memanglah kagak segelintir yng melakukan pembudidayaan bebek yang dengannya system penggembalaan, namun metode ini dirasa kagak kian efektif lagi mengingat terbatasnya lahan perincian atau bisa juga dikatakan bakal itu. Saat ini kagak segelintir para peternak bebek kian memilih system sangkar yng modern serta gampang merawatnya. Tulisan atau risalah ini hendak membahas bagaimana cara membuat sangkar bebek yng mampu diterapkan perincian sampeyan yng pertama kali saja mau sejak beternak bebek.

kandang-bebek

kandang-bebek

Namun sebelum itu, kita butuh tahu bahwasanya internal beternak bebek ada sejumlah jenis sangkar yng mampu kita pilih serta bisa disesuaikan yang dengannya jumlah modal serta lahan yng kita punyai.

Sangkar tipe Baterai

Sangkar tipe baterai umumnya cuma dihuni oleh 1 ekor bebek akil-balig perincian atau bisa juga dikatakan bakal 1 sangkar, yang dengannya ukuran per kandangnya kadar 45 x 45 x 35 cm ataupun bergantung pemiliknya. Bahannya mampu mempergunakan rangka kawat maupun mempergunakan bilah bambu. Keunggulan dari tipe sangkar baterai merupakan kian gampang internal mengontrol bebek per individunya, baik kesehatannya, produktivitas telur serta pertumbuhannya. Yang dengannya sangkar tipe baterai ini kian membuat mudah kita Amat ingin menangkap telurnya.

Namun kelemahannya merupakan biaya pembuatan sangkar ini kagak murah, kian kagak murah dari sangkar tipe lain-lainnya. Selain itu, perkawinan bebek pun Perlu di lakukan secara Inseminasi Buatan (IB), jadi biaya roduksi pun bertambah mencakup membayar jasa Inseminator (ahli Inseminasi Buatan). Namun saat ini jarang peternak bebek yng mempergunakan sangkar tipe baterai ini perincian atau bisa juga dikatakan bakal memelihara itik akil-balig (Layer), kebanykan para peternak mempergunakannya perincian atau bisa juga dikatakan bakal memelihara anakna bebek (Strater). Meskipun begitu, sangkar ini cocok perincian sobat yng mau memelihara bebek di lahan yng kagak banyak ataupun tak luas serta pun punya modal besar.

Sangkar tipe Postal

Sangkar tipe Postal merupakan jenis sangkar yng ternama di kalangan peternak bebek, ukurannya mampu disesuaikan bergantung yang dengannya lahan yng ada. Namun umumnya sangkar tipe Postal ini butuh lahan yng luas, lantaran 1 sangkar hendak menampung ratusan bebek. Di dalamnya hendak ada tempat pakan bebek beserta tempat minumnya menjadikan kian praktis serta usahakan tinggi kandangnya tak kagak kian dari 2 meter. Agar membuat mudah merawat, membersihkan, memberikan pakan serta pengambilan telurnya.

Sangkar tipe Ranch

Sangkar tipe Ranch butuh lahan yng kian luas lagi andai di bandingkan yang dengannya sangkar tipe postal, lantaran sangkar ini terbagi 2 daerah. Ada sangkar tempat bebek serta pelatarannya perincian atau bisa juga dikatakan bakal bermain, oleh lantaran itu sangkar ini pun Suka disebut menjdai sangkar umbaran ataupun sangkar tipe pelataran. Sangkar tempat bebeknya bersifat setengah terbuka namun ada atapnya agar si bebek tak kehujanan. Di bagian pelatarannya ataupun umbarannya bersifat terbuka, dikelilingi pagar serta tak beratap, tempat perincian atau bisa juga dikatakan bakal bermain si bebek. Di sana pun ditaruh tempat pakan, minum serta kolam perincian atau bisa juga dikatakan bakal mandi serta berenang si bebek. Jadi, memanglah butuh lahan yng luas perincian atau bisa juga dikatakan bakal sangkar tipe Ranch ini.

Kita telah membahas sejumlah jenis dari sangkar bebek yng mampu kita pilih. Saat ini kita hendak membahas cara membuat sangkar yng ideal serta baik perincian bebek. Sangkar yng dibangun hendaknya memenuhi syarat ekonomis, pengertiannya tak mempergunakan bahan yng kagak murah namun tetap memenuhi syarat perkandangan yng baik.

Lokasi Sangkar

Sebetulnya sangkar bebek mampu didirikan dimana saja, namun butuh perhatikan aspek kenyamanan perincian atau bisa juga dikatakan bakal ternak serta pun kita-kita di kadar. Lokasi yng idealnya merupakan jauh dari kebisingan, berdrainase baik, transportasi gampang, gampang mendapatkan tirta bersih, damai dari binatang pengganggu serta dekat yang dengannya sarana serta prasarana. Bebek sebetulnya jenis hewan yng terkadang gampang stres lantaran gampang kaget serta cukup peka yang dengannya bunyi bising, jadi kagak kian cocok andai kandangnya di tempatkan di daerah yng ramai.

Ukuran Sangkar

Ukuran sangkar sebetulnya tingal disesuaikan yang dengannya lahan yng ada serta yang dengannya jumlah bebek yng kita hendak pelihara nantinya. Namun sangkar yng terlalu luas umumnya tak efisien, lantaran energi yng semestinya dipakai perincian atau bisa juga dikatakan bakal bertelur ataupun perincian atau bisa juga dikatakan bakal menghasilkan daging terbuang lantaran pekerjaan bebek yng kagak segelintir berlari. Dalam pembuatan sangkar selain tipe baterai, ukuran sangkar diukur dari tingkat kepadatannya. Sedangkan tingkat kepadatan sangkar umumnya bergantung pada usia bebeknya, perincian atau bisa juga dikatakan bakal fase Starter (0-8 minggu) kadar 10-15 ekor per m2, perincian atau bisa juga dikatakan bakal fase Grower (8-18 minggu) kadar 6-10 ekor per m2 serta perincian atau bisa juga dikatakan bakal fase Layer ataupun akil-balig siap bertelur (18 minggu ke buat) kadar 3-6 ekor per m2. Pastikan ketinggian sangkar tak kagak kian dari 2 meter, agar gampang membersihkan serta menangkap telur, tak butuh merunduk.

Bangunan ataupun Susunan Sangkar

Atap sangkar diusahakan mampu menahan panas matahari serta tampiasan hujan serta tahan lama, yng paling baik merupakan mempergunakan genting. Lantai sangkar mampu dibuat mempergunakan semen kalau memungkinkan, namun mampu pun tanah yng telah diratakan. Ataupun sangkar dibuat panggung, menjadikan lantai mampu terbuat dari bilah-bilah bambu. Sangkar panggung pun kian Anget, mencegah bebek kedinginan serta mogok bertelur serta menurunkan produktivitasnya. Dinding sangkar mampu terbuat dari tembok, papan serta bambu. Jangan tertutup seluruh, biarkan ada pertukaran udara di internal sangkar. Jadi dinding rapat tingginya cukup 60 cm dari lantai, selebihnya cukup mempergunakan kawat ataupun bilah-bilah bambu. Namun era bebek masih kecil serta tak kuat pada udara dingin, dinding kadar sangkar yng masih setengah terbuka ini butuh ditutup yang dengannya karung ataupun yang dengannya plastik. Sedangkan Tiang sangkar bisa mempergunakan kayu ataupun bambu Petung, lantaran strukturnya cukup kuat.

Sarana serta Prasarana internal Sangkar

Tempat pakan sebaiknya terbuat dari bahan yng tahan tirta semisal bak ataupun ember plastik, lantaran makanan bebek diberikan internal bentuk cukup basah ataupun bubur. Tempat Minum. Jangan kagak ingat perincian atau bisa juga dikatakan bakal di kasih alas agar Anget serta bebek pun confortable serta gampang bertelur. Alas sangkar mampu mempergunakan sekam padi, bekas gergajian ataupun serutan kayu serta jerami padi. Sebelum dialasi bahan tadi, taburi yang dengannya pasir yng telah di campur yang dengannya pasir, bertujuan perincian atau bisa juga dikatakan bakal menyerap zat amonia yng di hasilkan dari kotoran bebek. Menjadikan bau tak sedap berkurang serta udara hendak jadi kian sehat. Bagi atau bisa juga dikatakan bakal Kolam, ukuran panjang serta lebarnya mampu disesuaikan yang dengannya luasnya sangkar. Kolam sebetulnya kian cocok perincian atau bisa juga dikatakan bakal memelihara bebek petelur ataupun perincian atau bisa juga dikatakan bakal menghasilkan telur tetas.

Kondisi Sangkar

Sangkar hendaknya memperoleh sinar matahari yng cukup agar tetap kering, tak bau serta tak lembab. Maka pembangunan sangkar mampu menghadap kearah timur, agar sinar matahari pagi mampu masuk. Menjadikan sangkar selaku sehat serta pun terang. Suhu ruangan di internal sangkar hendaknya tak terlalu panas pun tak terlalu dingin, yakni tengah 27-300 C.

Penerangan pun penting internal beternak bebek. Penerangan di internal sangkar haruslah cukup, perincian atau bisa juga dikatakan bakal membuat mudah kita internal merawat bebek, melihat kondisinya, membuat mudah pengaturan sangkar, membuat bebek selaku confortable serta mengendalikan suhu di internal sangkar. Penerangan internal sangkar Perlu baik di siang hari maupun di malam hari, maka mampu di taruh 1-2 lampu di internal sangkar.

Butuh di ingat: Sebelum membangun sangkar, lahan yng hendak dipakai Perlu dibersihkan dari pepohonan. Apalagi andai pohonnya tinggi serta besar mampu memperhalang sinar matahari yng hendak masuk ke sangkar. Mampu pun buat gambaran berlebi dahulu sebelum membuat sangkar, misalnya jenis kandangnya, anggaran biaya ataupun dana yng dibutuhkan serta berapa kagak segelintir bebek yng hendak dipelihara.

The post Jenis Sangkar Bebek yng Wajib Kamu Ketahui appeared first on Okdogi.com.